Enkripsi eps.2

Melanjutkan episode sebelumnya (waah kaya sinetron ya, pake episode..) kali ini kita akan mempelajari cara membuka file yang ter-enkripsi pada windows.

Windows XP menggunakan metode peng-enkripsian file berbasis EFS, Encrypting File System. Kita dapat meng-enkripsi suatu file dengan metode EFS sehingga hanya kita saja yang dapat membukanya. sebenarnya, saat membuka file kita tidak akan merasakan perbedaan antara suatu file yang ter-enkripsi atau tidak ter-enkripsi, jika kita login menggunakan account yang melakukan enkripsi (Nah loo.. bahasaku ngawur ora yoo..?). Namun jika kita login menggunakan user account lain,

maka baru terasa perbedaannya, kita tidak akan dapat membuka atau menghapus file yang ter-enkripsi. Kecuali jika user account lain terdaftar sebagai authorized users untuk file yang ter-enkripsi itu. Untuk memberikan otoritas kepada user lain agar dapat membuka file yang ter-enkripsi, maka kita akan menggunakan Windows XP EFS management tools.

Caranya:
1. klik kanan pada file => pilih Properties
2. pada jendela Properties klik tombol 'Advanced'
3. pada jendela 'Advanced Attributes' klik 'Details'
4. pada jendela 'Encryption Details' klik tombol 'Add'
5. Pilih user yang ingin diberikan otoritas pada file lalu klik OK
6. Klik OK lagi pada jendela 'Encryption Details'
7. klik OK pada jendela 'Advanced Attributes'
8. klik Apply pada jendela Properties lalu OK

Cara ini juga dapat kita gunakan untuk membuka file yang ter-enkripsi dengan cara pada saat memilih user, pilih account kita.

Tips:
Jika kita tidak ingin user yang melakukan enkripsi file mengetahui bahwa kita telah melihat filenya, kembali lakukan cara diatas dan hapus username kita dari 'Add' user account 


Membuka file yang terenkripsi oleh software
Cara mengakalinya mudah saja, un-install software peng-enkripsinya. Namun jika program enkripsi digunakan user lain, ada baiknya kita meminta password dekripsinya secara baik-baik.

Membuka file PDF yang ter-enkripsi
Beberapa file PDF terkadang mengharuskan kita untuk memasukan kata kunci untuk membaca isinya. Merupakan perkara yang mudah jika kita mengetahui kata kuncinya, namun jika kita lupa atau bahkan tidak mengetahui kata kuncinya bagaimana? Jawabannya PDF unlocker. daripada kelamaan ngejelasinnya, mending langsung download aja disini. Weleeh iya.. karena applikasi ini bukan software gratisan maka softwarenya harus kita bajak pake patch. download aja patchnya disini (duuh senengnya ama yang bajakan), sayangnya applikasi ini tidak terlalu handal dalam menghadapi jurus enkripsi kelas tinggi, jadi ada beberapa file yang tidak dapat di dekripsi.
* PERINGATAN
   Jangan sekali-kali menghapus atau mengganti hak cipta atas file PDF orang lain.

5 Comments:

Titi said...

trimakasih infonya mas

Beni said...

Mas mpat gw ko pake cra diatas ttep gag bisa ya?
File ama foldrna tulisanna warna ijo,,
tenttop gw abiz install ulang,

Uuyyeeaahh-author said...

@Beni, jawabannya sudah kita kirim di inbox FB kamu looh..
Kelemahan windows salah satunya yaitu jika system operasi di install ulang, maka akan ada kesulitan sinkronisasi antara OS installan yg baru dengan yang lama jika kita tidak melakukan backup data terlebih dahulu, salah satu hal yg wajib kita backup adalah sertifikat keamanan, untuk membuat sertifikat keamanan, silakan baca Enkripsi Eps.1
Namun jika kamu keburu install ulang tanpa membackup data dahulu, mau tidak mau file yang terenkripsi tidak akan dapat terdekripsi, karna yang mempunyai hak untuk melakukan dekripsi adalah akun administrator OS windows yg lama.

yantsen said...

mas, ane punya permasalahan yg sama kayak mas beni... cuma kalo ane laptop ane yg rusak nihh... kl misalnya ane booting pake hdd laptop ane yg rusak itu trus hdd nya dipasang di laptop lain, kira2 bisa gak yah?

mohon jawabannya

Troides - author said...

@yantsen, HDD laptop bisa ko di pindah ke laptop lain selama jenis hardwarenya sama..
tapi kalo tujuannya untuk melihat file saja, lebih mudahnya HDD laptop dapat di slave ke komputer atau laptop lain menggunakan kabel USB to IDE/SATA atau casing untuk HDD laptop, sehingga HDD dapat berfungsi seperti HDD eksternal..

semoga membantu..

Post a Comment

Silakan berikan saran dan kritik anda atas posting kami.
Anda berhak ko' menganggap posting kami tidak bermutu.
Baik atau buruknya komentar anda sangat berguna bagi kami.
Sebaiknya komentar anda tidak ngelantur dari topik pembicaraan.