Pay-Per-Inclusion
PPI atau Pay-per-inclusion adalah salah satu cara untuk mendaftarkan blog/web kita ke dalam direktori pencarian sehingga mudah di index oleh mesin pencarian. Dalam direktori PPI, seperti Yahoo, kita diharuskan membayar biaya tahunan (ga' gratis = ga' mutu). Pay-per-inclusion tidak akan menjadikan blog/web kita mendapatkan preferensi khusus di peringkat direktori dan dalam penyimpanan Yahoo, dalam hal ini kita berada di belas kasihan editor untuk memberikan judul, kata kunci dan deskripsi yang ramah, yang mana akan menentukan rangking kita. Sisi baik dari Yahoo adalah, jika blog/web kita tidak menipu (doorway pages, mirror atau redirect) maka ada kemungkinan besar blog/web akan dicantumkan.
Dari sekian banyak persaingan mesin pencarian, kepopuleran Yahoo telah jatuh jauh di belakang Google. Jika menurut anda uang tidak menjadi masalah, maka Yahoo masih ada manfaatnya ko'(kalo kita sih males, disuruh mbayar). Namun menurut kita itu ga' perlu lah, jika blog/web kita dibangun secara baik dengan konten yang kaya, maka ada kemungkinan besar blog/web kita mendapat peringkat baik di hasil pencarian Yahoo.
Selain Yahoo, beberapa agent pencarian seperti Lycos / FAST, AskJeeves / Teoma dan Inktomi-based engine juga memiliki program PPI . Blog/web kita akan terdaftar dan kemudian diperbarui setiap 48 jam. Hal ini sangat bermanfaat ketika kita menyesuaikan keyword dan mencoba untuk menemukan hubungan sebab dan akibat antara mesin pencari yang berinteraksi dengan settingan keyword blog/web kita.
Saat ini beberapa mesin pencari utama banyak yang berpindah ke program Site Match Overture yang tidak hanya memberikan fitur bayar per-inklusi saja, namun juga sudah memiliki bayar per komponen-klik (huuh..lagi-lagi bayar). Dengan membayar ke vendor pihak ketiga, dalam 7 hari blog/web kita akan terindex ke tempat lain seperti AltaVista, Yahoo Search, AllTheWeb, FAST dan mesin lainnya. Setelah inklusi awal, website kemudian akan kembali diindex setiap 48 jam ke situs yang disebutkan di atas serta EntireWeb, Scrub The Web dan Slider. Namanya juga bisnis, ada uang ada barang.
Pay-Per-Click
Pay per click, adalah cara dimana kita diwajibkan membayar setiap kali seseorang mengklik blog/web kita pada daftar hasil pencarian, kita akan membayarkan sejumlah biaya yang ditawarkan. Bagi pedagang dunia maya, hal ini dapat menguntungkan jika kita mendapatkan pengunjung yang sesuai dengan target kita (pembeli). Sedang sisi buruknya adalah, jika pengunjung tidak dapat membeli, maka kita tetap masih diharuskan membayar (waah rugi doonk).
Di masa lalu (sekarang juga masih tuuh), system ini telah banyak di salah gunakan, beberapa kasus penipuan dimana orang di iming-imingi akan dibayar jika mau mengklik link dan aplikasi software. Namun menurut kami, melakukan pembayaran untuk dapat memenangkan persaingan situs dengan mendapatkan ribuan klik per hari adalah tindakan yang aneh ya. Tapi yang lebih aneh lagi, beberapa mesin pencarian dan directory yang tidak bermoral ikut terlibat dalam praktek ini. Sungguh merupakan suatu kesalahan besar dan tindakan yang tidak etis, jika kita harus menipu pengunjung dengan memberikan misreporting klik.
Ada beberapa keburukan dari program PPC. Pertama, kita harus meluangkan waktu kita yang berharga untuk memikirkan tawaran keyword yang diberikan vendor. Kedua, ketika kita berhenti melakukan PPC, blog/web kita akan jatuh, dan akan jauh dari hasil pencarian.
Rangkuman
Postingan ini kami terbitkan bukan untuk membenarkan suatu tindakan atau menyalahkan suatu tindakan, akan tetapi hanya sebagai perbandingan saja. Semua tergantung kita saja, yang mana sih yang sebaiknya kita lakukan. PPI, PPC atau tidak kedua-duanya.
PPI atau Pay-per-inclusion adalah salah satu cara untuk mendaftarkan blog/web kita ke dalam direktori pencarian sehingga mudah di index oleh mesin pencarian. Dalam direktori PPI, seperti Yahoo, kita diharuskan membayar biaya tahunan (ga' gratis = ga' mutu). Pay-per-inclusion tidak akan menjadikan blog/web kita mendapatkan preferensi khusus di peringkat direktori dan dalam penyimpanan Yahoo, dalam hal ini kita berada di belas kasihan editor untuk memberikan judul, kata kunci dan deskripsi yang ramah, yang mana akan menentukan rangking kita. Sisi baik dari Yahoo adalah, jika blog/web kita tidak menipu (doorway pages, mirror atau redirect) maka ada kemungkinan besar blog/web akan dicantumkan.
Dari sekian banyak persaingan mesin pencarian, kepopuleran Yahoo telah jatuh jauh di belakang Google. Jika menurut anda uang tidak menjadi masalah, maka Yahoo masih ada manfaatnya ko'(kalo kita sih males, disuruh mbayar). Namun menurut kita itu ga' perlu lah, jika blog/web kita dibangun secara baik dengan konten yang kaya, maka ada kemungkinan besar blog/web kita mendapat peringkat baik di hasil pencarian Yahoo.
Selain Yahoo, beberapa agent pencarian seperti Lycos / FAST, AskJeeves / Teoma dan Inktomi-based engine juga memiliki program PPI . Blog/web kita akan terdaftar dan kemudian diperbarui setiap 48 jam. Hal ini sangat bermanfaat ketika kita menyesuaikan keyword dan mencoba untuk menemukan hubungan sebab dan akibat antara mesin pencari yang berinteraksi dengan settingan keyword blog/web kita.
Saat ini beberapa mesin pencari utama banyak yang berpindah ke program Site Match Overture yang tidak hanya memberikan fitur bayar per-inklusi saja, namun juga sudah memiliki bayar per komponen-klik (huuh..lagi-lagi bayar). Dengan membayar ke vendor pihak ketiga, dalam 7 hari blog/web kita akan terindex ke tempat lain seperti AltaVista, Yahoo Search, AllTheWeb, FAST dan mesin lainnya. Setelah inklusi awal, website kemudian akan kembali diindex setiap 48 jam ke situs yang disebutkan di atas serta EntireWeb, Scrub The Web dan Slider. Namanya juga bisnis, ada uang ada barang.
Pay-Per-Click
Pay per click, adalah cara dimana kita diwajibkan membayar setiap kali seseorang mengklik blog/web kita pada daftar hasil pencarian, kita akan membayarkan sejumlah biaya yang ditawarkan. Bagi pedagang dunia maya, hal ini dapat menguntungkan jika kita mendapatkan pengunjung yang sesuai dengan target kita (pembeli). Sedang sisi buruknya adalah, jika pengunjung tidak dapat membeli, maka kita tetap masih diharuskan membayar (waah rugi doonk).
Di masa lalu (sekarang juga masih tuuh), system ini telah banyak di salah gunakan, beberapa kasus penipuan dimana orang di iming-imingi akan dibayar jika mau mengklik link dan aplikasi software. Namun menurut kami, melakukan pembayaran untuk dapat memenangkan persaingan situs dengan mendapatkan ribuan klik per hari adalah tindakan yang aneh ya. Tapi yang lebih aneh lagi, beberapa mesin pencarian dan directory yang tidak bermoral ikut terlibat dalam praktek ini. Sungguh merupakan suatu kesalahan besar dan tindakan yang tidak etis, jika kita harus menipu pengunjung dengan memberikan misreporting klik.
Ada beberapa keburukan dari program PPC. Pertama, kita harus meluangkan waktu kita yang berharga untuk memikirkan tawaran keyword yang diberikan vendor. Kedua, ketika kita berhenti melakukan PPC, blog/web kita akan jatuh, dan akan jauh dari hasil pencarian.
Rangkuman
Postingan ini kami terbitkan bukan untuk membenarkan suatu tindakan atau menyalahkan suatu tindakan, akan tetapi hanya sebagai perbandingan saja. Semua tergantung kita saja, yang mana sih yang sebaiknya kita lakukan. PPI, PPC atau tidak kedua-duanya.
0 Comments:
Post a Comment
Silakan berikan saran dan kritik anda atas posting kami.
Anda berhak ko' menganggap posting kami tidak bermutu.
Baik atau buruknya komentar anda sangat berguna bagi kami.
Sebaiknya komentar anda tidak ngelantur dari topik pembicaraan.