Akses instant untuk mengeksekusi command prompt

Bagi kalangan pengguna Windows seperti kita, mungkin penggunaan command prompt merupakan hal yang tampak jadul dan menjemukan. Para pengguna pada umumnya lebih senang menggunakan file explorer, dimana kita tidak harus menghapalkan syntax perintah dan mata sangat dimanjakan oleh pemandangan indah dari desktop. Namun, sebenarnya command prompt pun mempunyai peranan penting dalam System Operasi Windows. Beberapa kegunaan command prompt adalah kita dapat mengaplikasikan attribut kepada suatu file atau directory, meng-eksekusi aplikasi yang tidak dapat di eksekusi oleh file explorer, bahkan beberapa syntax dapat digunakan untuk melakukan patching terhadap aplikasi non freeware. Untuk mengenal lebih dalam mengenai syntax command prompt dan kegunaannya, silakan baca disini.
Satu hal yang sangat menjemukan dalam menggunakan command prompt adalah, dimana kita harus mengetikkan syntax 'cd' saat harus berpindah ke directory lain. Kali ini kita akan melakukan sedikit modifikasi di dalam registry editor agar kita dapat meng-eksekusi command prompt dengan mudah.

Memasang command prompt pada drive context menu
1. Masuk registry editor dengan cara: klik start menu=run.. ketikkan perintah regedit lalu enter
2. pada registry editor, ekspansi directory HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell
3. Buat key baru dengan caranya klik kanan pada ikon directory shell=>New=>Key beri nama Command Prompt


4. masuk ke area directory command prompt(area sebelah kanan), klik kanan string value (Default) => Modify. ganti value dengan Command Prompt


5.  Klik kanan ikon directory Command prompt (area sebelah kiri) =>New=>Key beri nama Command
6. Masuk area directory command, klik kanan string value (Default)=>Modify ganti dengan path lokasi aplikasi command prompt (cmd.exe) yaitu: C:\WINDOWS\System32\cmd.exe.



Memasang command prompt pada folder context menu
1.Caranya masih sama dengan cara memasang command prompt pada drive context menu, di dalam registry editor, ekspansi directory HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell
2. Buat key baru dengan caranya klik kanan pada ikon directory shell=>New=>Key beri nama Command Prompt
3. masuk ke area directory command prompt (area sebelah kanan), klik kanan string value (Default) => Modify. ganti value dengan Command Prompt
4. Klik kanan ikon directory Command prompt(area sebelah kiri)=>New=>Key beri nama Command
5. masuk area directory command, klik kanan string value (Default)=>Modify ganti dengan path lokasi aplikasi command prompt(cmd.exe) yaitu: C:\WINDOWS\System32\cmd.exe.
Gimana..? keliatan ribet ya..? Tenang ada jurus lain..
Buka notepad, ketikkan ini:

Windows Registry Editor Version 5.00


[HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\Command Prompt]
@="Command Prompt"

[HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\Command Prompt\Command]
@="C:\\WINDOWS\\System32\\cmd.exe"

Simpan dengan nama Drive_command_prompt.reg

lalu buat dokumen baru, ketikkan ini:

Windows Registry Editor Version 5.00


[HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell\Command Prompt]
@="Command Prompt"


[HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell\Command Prompt\Command]
@="C:\\WINDOWS\\System32\\cmd.exe"

Simpan dengan nama Folder_command_prompt.reg

Setelah kedua file registration entry (*.reg) jadi, install ke dalam registry editor dengan cara: double klik file, lalu Yes, OK. Atau dengan cara: klik kanan file => Merge, lalu Yes, OK.
Kita dapat menyimpan file dengan nama menurut keinginan kita, namun ekstensi file harus *.reg caranya pada menu File=>Save As.. pada filename isi judulnya.reg dan pada Save as type: pilih All files
catatan: pada saat menyimpan file, explorer harus menampilkan ekstensi file, jika tidak maka cara untuk menampilkannya adalah: pada explorer klik Tools => Folder Options... pada pop-up menu klik View, hilangkan tanda centang pada Hide extensions for known file types.
Dengan cara ini maka kita dapat mengeksekusi command prompt pada drive dan folder manapun tanpa harus mengetikkan perintah 'cd' untuk berpindah directory. cukup klik kanan pada folder => command prompt.

Selamat mencoba..^_^

2 Comments:

Anonymous said...

Nice post, w coba deh.

Danu said...

Tq mas,,, lagsung praktek neeh.*_*

Post a Comment

Silakan berikan saran dan kritik anda atas posting kami.
Anda berhak ko' menganggap posting kami tidak bermutu.
Baik atau buruknya komentar anda sangat berguna bagi kami.
Sebaiknya komentar anda tidak ngelantur dari topik pembicaraan.