Upload Script di Google Code

Aseem tenan..!, listrik ko' dari tadi ko' jyar-pet..jyar-pet.. bikin bete' wae. Padahal sebenernya kali ini kita mau bikin postingan yang serius looh.. Tapi gara-gara listrik yang ga' konsekwen, inspirasi jadi buyar. Wis langsung wae lah, pada saat ini penggunaan javascript memegang peranan yang cukup besar pada perkembangan web. Beberapa developer membagi-bagikan scriptnya kepada blogger yang bodo dan buta script kaya' kita secara cuma-cuma namun ga' pernah ikhlas. Iya tooh, mau tak mau kita harus memberikan backlink gratis ke developer pembuat script kalo kita mau memakai script buatannya, wajar deeh kan gratisaaan.. Javascript sepertinya merupakan hal yang wajib ada pada blog. mungkin layaknya sayuran tanpa micin ya, kalo blog ga' ada javascriptnya?. Bahkan ada beberapa blog yang menggunakan script hingga mencapai kulminasi MANIAK, hingga yang lebih parah para blogger sengaja memasang script pada blog untuk menjahili pengunjung. Edaaan...!

Uyeee.. balik ke judul, pada postingan membuat daftar isi pada blog, kita telah mengetahui cara upload script pada Google Site, namun ada beberapa kelemahan, google site terkadang sulit untuk terkoneksi dengan blog sehingga script tidak ter-eksekusi dengan baik dan hasilnya hanya memperlambat loading blog. Kali ini kita mencoba untuk menggunakan jasa hosting gratis lain dari Google, yaitu Google Code. Dan karena usul dari teman sebaiknya untuk panduan seperti ini sebaiknya ada gambarnya, maka akan saya kasih gambarnya deeh.. Tapi awas aja yah kalo blog kita dibilangin kaya' buku komik. Oke deh, lanjuut.. langsung aja yah.

Pertama-tama login ke Google Code menggunakan akun Google
Setelah itu klik Create a new project


 

Isikan nama project, ringkasan project, deskripsi project, pada version control system pilih Mercurial dan pada source code license pilih GNU GPL v3, project label boleh dikosongkan lalu klik Create project.


Setelah project jadi, tindakan selanjutnya adalah, meng-upload script. Masuk halaman download dan klik new download


Pilih file yang akan di upload, lalu klik Submit file


Setelah selesai meng-upload, untuk mengetahui lokasi URL file sehingga kita dapat menggunakan sourcenya, klik file, lalu pada jendela baru klik kanan file ==> Copy Link Location, atau arahkan kursor pada file dan lihat URL-nya pada jendela browser.


Selesai.
Selamat mencoba..^_^

1 Comments:

Amazing Life and Music said...

Masih bingung nih bro cara kerja dan manfaatnya.

Post a Comment

Silakan berikan saran dan kritik anda atas posting kami.
Anda berhak ko' menganggap posting kami tidak bermutu.
Baik atau buruknya komentar anda sangat berguna bagi kami.
Sebaiknya komentar anda tidak ngelantur dari topik pembicaraan.